Tabung Gas: Mesin Pembunuh Baru

Konversi yang penuh Kontroversi

Sejak digulirkan 3 tahun silam, program konversi minyak tanah ke gas yang sejatinya merupakan upaya pemerintah mengajak masyarakat untuk melakukan penghematan energi dan penghematan APBN.

Kebijakan ini juga untuk mengalihkan ketergantungan konsumsi pada minyak bumi yang persediannya semakin menipis sekaligus untuk mengurangi polusi udara yang diakibatkan pemakaian energi yang tidak ramah lingkungan.

Akan tetapi, maksud baik dan rencana pemerintah ini justru menimbulkan satu ke khawatiran baru di dalam masyarakat, terutama masyarakat kecil/miskin yang merupakan sasaran dari program ini. Ya program yang di damba-dambakan sebagai program kebijakan ekonomi yang pro-rakyat akan tetapi menjadi mesin pembunuh baru yang semakin menakutkan

Ledakan Tabung Gas

Entah sudah berapa banyak korban (rakyat kembali menjadi tumbal) dari tabung gas. dalam bulan April ini saja setidaknya ada 5 kali ledakan yang terjadi dan sudah memakan korban jiwa 7 orang, belasan luka-luka dan puluhan rumah rusak.

Yang sekarang muncul dibenak saya kenapa, apa, dan mengapa ini bisa terjadi. apakah ini sebuah kesalahan biasa manusia, ataukah ada sebab lain yang secara sengaja atau tidak kesalahan ini terus berulang?

Benarkah rakyat yang salah dan tak bisa belajar tentang tata cara pemakaian gas yang benar dan aman, ini mungkin terjadi, sebab akibat minimnya sosialisasi dan ketidaksiapan masyarakat untuk memahaminya.

Tapi bisa jadi dari material yang digunakan untuk membuat tabung,  Kompor dan regulator karena ada kabar bahwa ada sedikitnya 20 juta tabung ilegal yang beredar dipasaran serta terbuat dari material yang jauh dari standar keamanan yang ditetapkan oleh pemerintah…

Terus salah siapa?

Tentu kita hanya bisa menduga-duga, tapi setidaknya kita harus mulai waspada…–

Tentang elfathir

Saya hanya mencoba berbagi manfaat atas apa yang saya ketahui. Tetaplah Tersenyum, Karena Senyuman Membuat Semua Terasa Indah. *Elfathir Fatikhin*
Pos ini dipublikasikan di Seputar Indonesia dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s