Bola Resmi Piala Dunia 2010


Bola resmi Piala Dunia 2010, diluncurkan di Cape Town, Afrika Selatan. Bola ini diberi nama jabulani. Dalam bahasa Zulu, Afrika, jabulani berarti merayakan atau berpesta.
Bola indah ini bertabur sebelas warna menandakan tuan rumah Piala Dunia 2010, Afsel terdiri dari 11 komunitas. Rancangan bola mencerminkan dua unsur khas Afsel, yaitu keanekaragaman dan harmoni atau keselarasan.

Bola ini dirancang oleh salah satu produsen sepatu terkemuka dunia. Diklaim sebagai bola terbulat di dunia, jabulani dibuat di pabriknya di Madrid, Spanyol melalui delapan panel pemanas. Tekstur jabulani membuat penggunanya dapat mengendalikan bola dengan maksimal. Bola juga dapat melayang dengan stabil saat ditendang.

Bola Khusus Final
FIFA sudah menyiapkan bola khusus untuk laga final Piala Dunia 2010. Mengusung nama Jo’Bulani, bola tersebut merupakan versi terbaru dari Jabulani, yang dihiasi warna emas di sekililingnya.

Nama Jo’Bulani sengaja dipilih sebagai bentuk penghormatan terhadap Kota Johannesburg, tempat di mana laga final akan dilangsungkan. Kota terbesar di Afrika Selatan itu selama ini juga dikenal sebagai ‘City of Gold’ dan Jo’burg.

Dikutip dari situs resmi FIFA, bola yang baru Selasa (20/4/2010) kemarin resmi diperkenalkan itu masih memiliki pola grafis yang mewakili Benua Afrika, sebagaimana ditemui pada Jabulani. Perbedaannya adalah warna kuning emas yang kini lebih mendominasi.

Baik Jabulani maupun Jo’Bulani memiliki teknologi terbaru yang dikenal dengan “Grip’n’Groove”. Bola keluaran Adidas tersebut diklaim memiliki laju yang stabil dan grip yang jauh lebih baik. Bola tersebut juga diklaim pembuatnya sebagai bola paling bulat yang pernah dibuat.

Terkait dikeluarkannya bola khusus untuk grand final, ini bukan kali pertama Adidas melakukannya. Pada Piala Dunia 2006 lalu, perusahaan asal Jerman itu mengeluarkan ‘Teamgeist Berlin’ untuk laga final antara Prancis vs Italia.

Tentang elfathir

Saya hanya mencoba berbagi manfaat atas apa yang saya ketahui. Tetaplah Tersenyum, Karena Senyuman Membuat Semua Terasa Indah. *Elfathir Fatikhin*
Pos ini dipublikasikan di OLahraga dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s