Sri Mulyani Mundur

Jakarta – Rencana kepindahan Sri Mulyani dari posisi Menteri Keuangan menjadi managing director Bank Dunia dinilai bersifat politis. Jabatan baru itu dinilai sebagai jalan keluar dari masalah Bank Century yang melilitnya.

“Saya menyebutnya istilah escape clausul. Klausul jalan keluar terhadap problem yang membelit secara politik yang melibatkan beliau,” kata Wakil ketua DPR Priyo Budi Santoso dalam diskusi di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (6/5/2010).

Wakil Ketua DPR Pramono Anung juga berpendapat sama. Menurutnya, posisi menteri keuangan yang saat ini masih dijabat Sri Mulyani lebih prestisius dibanding posisi di Bank Dunia itu.

“Kalau tidak ada peristiwa apa-apa, disuruh milih managing director world bank dengan menkeu, pasti menkeu,” kata Pram.

Apalagi tawaran Bank Dunia kepada Sri Mulyani bukan datang kali ini saja. “Saya dengar satu bulan atau satu setengah bulan sebelumya sudah didiskusikan, bahkan sejak kasus Bank Century mengharu biru,” kata Pram.

Seperti diberitakan, Sri Mulyani akan menggantikan Jose Daboub di Bank Dunia dan membawahi 74 negara di Amerika Latin, Asia Timur, Karibia, Timur Tengah, dan Amerika Utara. Daboub adalah mantan menteri keuangan El Salvador. Dua managing director Bank Dunia lainnya adalah Ngozi Okonjo-Iweala (mantan menteri keuangan dan menteri luar negeri Nigeria) dan  Graeme Wheeler, mantan pekerja di Departemen Keuangan Selandia Baru.

(lrn/Rez)

Tentang elfathir

Saya hanya mencoba berbagi manfaat atas apa yang saya ketahui. Tetaplah Tersenyum, Karena Senyuman Membuat Semua Terasa Indah. *Elfathir Fatikhin*
Pos ini dipublikasikan di Politik & Hukum dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s