Jorge Lorenzo

Pembalap motor yang sukses dari segi prestasi sekaligus menghibur, selain Valentino Rossi, barangkali salah satunya adalah Jorge Lorenzo. Pembalap Spanyol ini dikenal senang tampil nyentrik. Dengan nomor motor 99, seakan melengkapi sisi unik kehidupan yang raja MotoGP 2010 ini.

Lahir di Palma de Mallorca, Spanyol, pada 4 Mei 1987. Saat ini ia bergabung bersama Valentino Rossi di tim Fiat Yamaha.

Suka ngebut sejak kecil, Lorenzo sudah melakoni debut di kejuaraan dunia motor kelas 125 cc pada usia 15 tahun. pada tahun 2002 pada GP Spanyol Grand Prix. Saat itu ia tidak bisa mengikuti sesi latihan karena usianya tidak mencukupi, karena regulasi MotoGP mengharuskan seorang pembalap minimal berusia 15 tahun untuk bisa turun di MotoGP.

Namun ia bisa mengikuti sesi qualifikasi kedua karena hari itu tepat hari ulang tahunnya yang ke 15. Ia memenangi Grand Prix pertamanya di musim berikutnya pada seri Rio de Janeiro di Brazil.

Tiga tahun melakoni karir di motor kelas ‘capung’ itu, prestasi terbaik Lorenzo yang membalap dengan motor Derbi hanyalah menempati peringkat empat dunia pada tahun 2004.

Lorenzo kemudian naik kelas ke nomor 250 cc pada tahun 2005.

Sebelum ia beranjak ke motor pabrikan Honda di kelas seperempat litre. Podium ke enam diperoleh dan empat pole posisi diperoleh di tahun pertamanya musim kelas 250cc mendapat point akhir diposisi kelima dan dengan kepindahannya ke tim Aprilia, 2006 ia berharap mendapatkan reputasi yang lebih baik.

Lorenzo dimusim 2006 berharap lebih, dominasi kelas tersebut dengan delapan kemenangan dan merekamkan reputasi yang hebat dengan sepuluh kali menempati posisi 10 kali pole posisi. 2007 adalah waktu bersejarah buat Lorenzo, dan ia mendapatkan gelar juara dunia yang kedua kalinya di seri Sepang. Ia juga menjadi pembalap yang paling sukses di kelas 250cc, sebagai pembalap Spanyol tersukses sepanjang masa.

Lepas tahun 2010 adalah masa keberuntungan baginya, terlebih setelah accident yang terjadi pada rival terberatnya yakni Valentino Rossi, ia sangat mudah melenggang naik ke jajaran terdepan. Rossi sebagai saingan terberatnya nampaknya membuat Jorge banyak menimba ilmu saat mengguntit Rossi selama bergabung bersama dengan Fiat Yamaha. Semua upaya Rossi untuk mensett motor Yamaha M1 menjadi terbaik telah berhasil penuh. “Bukan motor cepat yang saya inginkan,” ujar Rossi, tapi motor yang lincah stabil dan dapat di gunakan dalam kondisi extreme sekalipun, motor balap M1 dapat menjadi motor favoritku selama turun di GP. Lorenzo pun berpendapat sama, perlu jam terbang tinggi untuk dapat nyetting motor balap dengan tehnologi tinggi ini, dengan bergabung di tim papan atas terlebih ada sang juara Dunia, maka saya yakin suatu saat motor yang saya gunakan akan sama dengan motor teratas di kancah MotoGP. Rossi favorite saya dan guru…..ujar Jorge”.

Di tahun 2008 Lorenzo naik step keatas dengan bergabung di balap MotoGP dengan Yamaha, dimana dia berpartner dengan Valentino Rossi di Fiat Yamaha Tim. Kombinasi karakter yang penuh warna, Lorenzo adalah orang yang sangat ceria dan flamboyant yang membuatnya sebagai figure yang popular di depan para fansnya. Para fans menyebutnya ‘X Fuera’..sebagai petarung yang flamboyant.

Di musim 2009 Lorenzo semakin kuat dan matang, ia terus menempel ketat Rossi sepanjang musim, dan keluar menjadi juara ke dua di akhir musim. Di akhir musim 2009 pula ia memperpanjang kontraknya dengan Fiat Yamaha, dan merasa optimis untuk musim 2010 ini dengan Yamaha YZR M1.

Dan, perjuangan Lorenzo di MotoGP musim 2010 berbuah manis. Bersama Fiat Yamaha Team, “Sang Matador” menyabet gelar sebagai Juara dunia baru di Sepang, Malaysia. Setelah Pesaing terdekatnya, Dani Pedrosa mengalami cedera di balapan seri sebelumnya.

Walaupun, kemenangannya sedikit diwarnai perseteruan internal dengan sang mentor “Valentinic” yang tahun depan hengkang dari Yamaha. Tetapi, ini juga ikut mengukuhkan bahwa, Dia dipastikan menjadi tetap pilihan utama di FiaT Yamaha Team.

Data Diri

Nama : Jorge Lorenzo

Nama Asli : Lorenzo Guerrero

Tempat lahir: Palma de Mallorca, Pulau Balearic, Spanyol

Kebangsaan : Spanyol

Tanggal lahir : May 4, 1987 (1987-05-04)

Tinggi : 172cm

Berat : 63 kg.

Kesenangan :

Motor pertama : Puch 50cc

Buku : The Peacefull warriors way, Michael Jordans biography and The Game

Film : The Noa’s diary and The Beach

Music : Red Hot Chilli Peppers, Sum 41 and Blink 182

Car : Fiat 500

Sepatu : Paella

Binatang : Leo

Website jorgelorenzo.com

MotoGP Record

Current team Fiat Yamaha Team

Bike number 99

Championships 250cc – 2006, 2007

MotoGP – 2010

Race starts 144

Wins 33

Podium finishes 70

Pole positions 41

Fastest laps 15

Points 1831

2009 championship position 2nd (261 points)

2010 championship position 1st (333 Points*)

sumber: wikipedia, http://www.jorgelorenzo.com.

Tentang elfathir

Saya hanya mencoba berbagi manfaat atas apa yang saya ketahui. Tetaplah Tersenyum, Karena Senyuman Membuat Semua Terasa Indah. *Elfathir Fatikhin*
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s