Review Cross A18: Ponsel Low End Berotak Keren

Cross A18-a
Cukup lama juga tidak corat-coret ada rasa kangen juga… Kali ini saya mencoba mereview salah satu produk gadget keluaran salah satu vendor ponsel lokal yang gencar mengeluarkan produk ponsel android untuk segmen menengah ke bawah, Cross Mobile, kembali menawarkan smarphone berharga dibawah sejutaan. Kali ini produknya adalah Cross A18. Seperti yang kita tahu, Cross Mobile sukses yang dengan produk A7 dan A7* yang terkenal dengan layar lebar dan fitur panoramanya.

Sebagai ponsel low end, Cross A18 cukup mumpuni karena dibekali dengan prosesor besutan MediaTek berkekuatan 1GHz, apalagi dibanderol dengan harga murah 600 ribuan, apa saja kelebihan dan kekurangan Cross A18 ini? Silahkan baca reviewnya dibawah ini.

Spesifikasi:

  • Android v2.3.6 Gingerbread.
  • 2G: GSM/GPRS/EDGE: 850/900/1800/1900 MHz
  • 3G: 3G/HSDPA: 900/2100MHz Data Connection Dual SIM on
  • Layar TFT LCD kapasitif HVGA 3.5 Inchi (480 x 320 Pixels)
  • Capacitive Multi Touch .
  • Kamera Belakang 3.2 Mega Pixels (2048×1536 piksel)+ Flash Light, Kamera Depan 1.3 Mega Pixels.
  • CPU MTK6575 ARMv7 1GHz; GPU PowerVR SGX531
  • ROM 256 MB (yang bisa digunakan 127 MB), RAM 256 MB (yang terbaca 223 MB). Support Micro SD up to 32 GB.
  • MP3 / MP4 / 3GP / FM Radio / Audio Video Recording, WAP / GPRS / Wifi /Modem / Bluetooth.
  • Support Video Chat. GPS / Compas / Proximity Sensor / 3D Gravity Sensor, USB Tethering & Wifi Portable Hot Spot.Youtube, Push Email , Maps.
  • Baterai Lithium ion 1400mAh
  • Compatible USB and HF 3.5 mm.

Available Colour :
Black, Red, White

Paket Penjualan

Handset Cross A18
Baterai
Kepala charger
Kabel data
Headset
Manual
Kartu garansi
Cross A18_5

Desain dan Bodi
Mungkin karena alasan penekanan budget agar dapat dijual murah, Cross A18 memiliki desain yang biasa saja layaknya ponsel Android low-end lain dengan material utama plastik berwarna hitam mengkilap. Dimensi Cross A18 111.7 x 62 x 12 mm dengan bobot 118 gram, walau ukurannya sedikit mungil tapi tetap pas di genggaman. Bagian casing belakang berbahan plastik mengkilap, membuat susah di genggam karena licin dan meninggalkan bercak jari.

Cross A18_7 Cross A18_8

Bagian muka terdapat speaker dibagian tengah layar 3.5-inci, tidak ketinggalan tiga buah tombol kapasitif fungsi Android (menu, home, back) di bagian bawah, dan sebuah mic. Bagian belakang diisi dengan kamera dan speaker. Sisi kiri ponsel diisi dengan tombol volume, dan sisi kanan diisi dengan port microUSB untuk pengisian daya dan koneksi ke komputer. Bagian atas terdapat port headset 3.5mm dan tombol lock/power. Bagian bawah polos.

Cross A18_3 Cross A18_2 Cross A18_1

Meskipun tidak dibekali teknologi IPS layaknya layar Cross A7, namun layar di A18 dapat dikategorikan cukup baik dari kualitas dan sudut pandang, setidaknya setara dengan yang digunakan ponsel low-end vendor lain. Dengan resolusi HVGA (480×320 piksel) dan ukuran 3.5-inci, layar terlihat cukup baik tidak terlalu kasar namun juga tidak terlalu halus.

Antarmuka
Cross A18 ini menggunakan antarmuka standar khas ponsel android low end. Terdapat pengaturan tampilan efek transisi, tetapi anda tidak dapat mengganti tampilan ikon-ikon aplikasi bawaan.
Cross A18-oke1
Cross A18-oke2

Tampilan lockscreen Cross A18 seperti ponsel Android kebanyakan yang hanya menggunakan slider horizontal atau slider lingkaran. Anda dapat mengisi widget-widget, shortcut, atau folder ke homescreen yang dapat ditambah atau dikurangi jumlahnya maksimal 9 halaman. Kami tidak merasakan lag sama sekali saat menjelajah menu-menu, meskipun ponsel ini hanya dibenamkan RAM sebesar 256MB.

Cross A18-oke3

Dalam kondisi default hanya terdapat satu pilihan keyboard yakni keyboard Android saja, yang menawarkan kesederhanaan dan kemudahan pengetikan. Jika anda memiliki jemari cukup besar kemungkinan agak repot melakukan pengetikan dalam posisi potrait, jadi untuk mempermudahnya anda disarankan melakukan pengetikan dalam posisi landscape.

Contact dan Mesaging
Tampilan menu contact simpel saja, nama-nama contact ditampilkan dalam ukuran besar dengan bantuan bar abjad disebelah kanan dan kotak pencarian untuk mempermudah mencari contact.

Cross A18-oke4

Messaging juga simpel layaknya ponsel low-end lain, dengan dukungan mengirim konten multimedia (MMS). Sehingga dapat mengakomodasi perpesanan dasar pengguna.

Cross A18-oke5

Kamera
A18 dibekali sebuah kamera beresolusi 3.2MP dengan fokus tetap serta LED flash. Tampilan antarmuka kamera mendapat modifikasi dari tampilan stok ala Gingerbread. Terdapat beberapa pengaturan seperti timer, zoom, color effect, smile shot, burst shot, face detection, dan lainnya. Anda juga dapat mengambil gambar mode panorama di A18.

Hasil kamera dalam ruangan terlihat kurang fokus, dan kurang tajam walau terlihat terang dan berwarna. Dalam kondisi tertentu muncul efek kebiruan dalam pengambilan dalam ruangan dengan pencahayaan kurang.

Cross A18-oke9 Cross A18-oke10

Untuk luar ruangan cukup baik, hasil cukup tajam, terang dan detil. Kita memang tidak bisa terlalu berharap banyak dengan kamera-kamera untuk ponsel low end sekelas A18.

Perekaman Video
Kamera Cross A18 mampu melakukan perekaman video hingga resolusi FWVGA (720×480 piksel) dalam format .3GP. Terdapat juga fitur seperti color effect di perekaman video ini.

Silahkan lihat hasilnya dibawah ini.

Multimedia
Gallery tampil sebagaimana galeri Android Gingerbread pada umumnya, dimana kumpulan foto dan video dikelompokkan menurut folder, dan dapat juga ditampilkan berdasarkan waktu pengambilannya. Tidak ada yang istimewa semua terlihat standar.

Cross A18-oke7

Anda dapat memutar konten video di galeri atau di aplikasi video terdedikasi. Meskipun low-end namun A18 dapat memutar konten video dalam format yang cukup luas seperti mp4, 3gp, avi, m4v, mkv, namun dengan catatan resolusi video maksimal VGA. Tidak ada yang spesial di antarmuka pemutar video hanya terdapat tombol aspek rasio, back, play/pause, next, dan volume.

Aplikasi musik memiliki antarmuka standar Gingerbread. Selain pengaturan standar, terdapat juga pengaturan keluaran suara (sound effect) seperti bassboost, virtualizer, presetreverb, dan equalizer. Keluaran suara melalui speaker cukup kencang dan cukup baik walau diatur dalam volume maksimal.

Cross A18-oke11

Radio FM tampil dengan kemampuan melakukan perekaman suara langsung diantarmuka. Namun di A18 anda tetap harus mecolokkan headset terlebih dahulu yang berfungsi sebagai antena.

Browser
Seperti browser Android Gingerbread lain, browser di A18 dapat membuka tab secara bersama maksimal 8 tab. Resolusi yang ada tidak cukup besar untuk membaca konten di halaman web dalam kondisi zoom out, jadi anda harus melakukan zoom in dahulu.

Cross A18_27 Cross A18_23

Konektivitas
Cross A18 berjalan di jaringan triband GSM (900 / 1800 / 1900) SIM 1 & SIM 2 dan dual band HSDPA (900/2100) SIM 1. Konektivitas lokal terdapat WiFi 802. 11 b/g/n dengan kemampuan tethering, Bluetooth v2.0, A-GPS, microUSB v2.0, dan dukungan kartu memori microSD hingga 32GB.

Cross A18_28

Seperti biasa fungsi dual sim disini berarti anda dapat menerima panggilan dari kedua nomor, namun jika anda menjawab salah satu nomor maka nomor yang lain akan menjadi tidak aktif, dalam kata lain meskipun dual on namun untuk menerima panggilan tetap bergantian.

Cross A18_6
Quadrant Standard: 1947 poin
AnTuTu Benchmark: 5812 poin
MultiTouch Tester: maksimal 2 sentuhan
NenaMark2: 29.9 fps

Cross A18-oke8

Cross A18_29

Baterai
Baterai berjenis Lithium ion dengan kapasitas 1400 mAh digunakan A18. Baterai ini diklaim dapat melakukan standby hingga 4 hari dan talktime 3 jam di jaringan 3G dan 5 jam di jaringan 2G. Dengan spesifikasi hardware yang tidak mengkonsumsi banyak daya, baterai di ponsel ini dapat bertahan hampir seharian dengan kedua nomor aktif dan koneksi internet aktif. Angka tersebut tidaklah mutlak karena kembali ke intensitas penggunaan dan kondisi jaringan operator.

Kesimpulan
Ponsel Android termurah dari Cross ini memiliki standar yang lumayan tinggi sebagai ponsel low-end, terlihat keseriusan Cross dalam merambah pasar mobile di Indonesia. Karena hanya dengan 600 ribuan saja, anda sudah mendapat ponsel Android dengan segala kehebatannya yang berjalan mulus dengan prosesor 1GHz, ditambah kemampuan dual sim GSM yang aktif bersamaan. Terlihat Cross tidak sekedar membuat ponsel Android murah seadanya. Meskipun tak bisa dipungkiri soal kapasitas RAM dan Internal Memory yang minim serta penggunaan Android 2.3.6 Gingerbread menjadi nilai minus tersendiri dari ponsel besutan Cross ini.

Kelebihan
Performa cukup bagus dengan harga terjangkau
Dual sim on
Dual kamera
Prosesor 1GHz

Kekurangan
Memori Internal kecil
Android Gingerbread

Tentang elfathir

Saya hanya mencoba berbagi manfaat atas apa yang saya ketahui. Tetaplah Tersenyum, Karena Senyuman Membuat Semua Terasa Indah. *Elfathir Fatikhin*
Pos ini dipublikasikan di Gadget dan tag , , . Tandai permalink.

68 Balasan ke Review Cross A18: Ponsel Low End Berotak Keren

  1. iezul berkata:

    hemmm Kabar yang beredar A18 ini Ramnya 512mb,,,wualah ternyata hoax yaaa,,,jadi cuma 256mb…ulala

  2. Pandu berkata:

    y repot kalo batrenya sdh ngedrop nyari dmn batrenya?ato compatibel dg btre nokia ga?

  3. anwar berkata:

    wah mantap gan postingannya..
    ane beli ni besok !

  4. D'Marco berkata:

    thanks bro, info’na

  5. theo berkata:

    gan itu kalo buat aplikasi game dan internet (mozila) sering crash atau kelauar pilihan force close / wait itu kenapa ya??? apa mungkin proccersor nya???

    • elfathir berkata:

      Udah di root blm gan, klo msh stelan pabrik utk game berat emang suka crash…coba ke forum kaskus atau FB Cross A18 disitu banyak trik2 dan tips2 dr para master gan.
      Thanks udah berkunjung🙂

  6. Ari Wahyudi berkata:

    supeerrrrrrrrr sekaliiiiiii

  7. harga pastinya berapa si ??detail nya ada yang 700 rb apa 800 rb si ..

  8. Paula berkata:

    Thx review nya gan🙂
    Kalau untuk pakai LINE dan fitur2 android lain seperti KAKAO TALK, dll lemot g gan?
    Baterainya awet atau g?

    • elfathir berkata:

      wah belum pernah pake tuh, paling Watsup, FeBe, twitter dll, tp buat maen game PES 2012, NSF kuat ko…
      Baterainya ya tergantung pemakean sih, normalnya seharilah…apalgi klo online mulu

  9. Eunike berkata:

    Gan, kan saya punya hp samsung chat (bukan android tp touchscreen) kalau saya jual utk beli cross a18 rugi ga ya? trs katanya hp cross cepet rusak ya, baru dipake 2 bulan? dan servicenya susah? tlg info min, thx.

    • elfathir berkata:

      1. Samsung chat seri berapa, belum android? Klo bicara fitur dan kekinian jelas milih A18 soalnya kan udah android,
      2. Cepet rusak atau enggaknya elektronik ada beberapa macam faktor,salah satunya seperti cara pemakaian, perlakuan kita terhadap barang elektronik, Pake barang bermerek klo kita gak bisa jaga juga cepet rusak.
      3. Alhamdulillah saya pake A18 udah hampir 1 tahun oke aja tuh,
      4. service resminya memang belum banyak tp sekarang hampir semua toko ponsel menyediakan service dan semua merek ponselkan? jadi ngapain harus pusing…

  10. Choi Ril berkata:

    Mantaaap..thanks gan infonya,ane mo beli….

  11. afi gaul berkata:

    gan ane mau tax nih
    bagusan yng mna antara cross A18 dengan nexian M1230 hawk????

    • elfathir berkata:

      secara kedua HH ini hampir sama gan, cekidot:
      Kesamaan
      1. Layar 3,5 Inch
      2. Android Gingerbread
      3. Dual SIM
      4. Procesor single 1 GHz (cuma beda merek)

      Perbedaan:
      1. Cross A18 udah 3G/ HSDPA, Nexian Hawk masih 2G/ EDGE
      2. A18 Memori internalnya kecil ROM 127MB/ RAM 223MB; Nexian Hawk 512MB
      3. A18 Dual Kamera (3,2 MP+0,3MP+LED Flash); Nexian Hawk cuma satu (2 MP)

      secara teknis+fitur Cross A18 lebih unggul gan, cuma soal pilihan ya balik lagi ke agan…

  12. rio prafa berkata:

    mantap gan!!!! josss gandoooosssss!!!!!!!!!!!! tengkyu ats infonya (y)

  13. zunuda berkata:

    gan saya minat banget nih hp dah lama, alhamdulillah akhir bulan saya mau beli, saya mau tanya untuk menjalankan aplikasi chating gk usah pakai root-rootan kan?
    trus klo youtube lancar apa kaga?
    apakah klo hpnya dimiringin layarnya ikut miring juga?
    yg terakhir diatas hp kan ada 2 lubang disamping speaker, yg 1 kan buat camera, yg 1 nya lagi buat apa gan?
    terima kasih kalau dijawab lengkap gan

    • elfathir berkata:

      1. hampir semua aplikasi media sosial bisa koq gan
      2. Youtube oke (tergantung pulsa & jaringan tentunya gan…hehehhe)
      3. bisa gan itu Auto rotation bahasa sononya, bisa di setel on/off
      5 didepan apa belakang? klo depan cuma kamera+speaker, Klo dibelakang ada Kamera+LED flash+speaker

  14. Irul34 berkata:

    Gan kalo di buat main game bola lancar apa gak..?
    M0h0n infonya

  15. Dika berkata:

    Sekarang harganya berapa ya kalo boleh tau…?

  16. Mahmud Rifai berkata:

    bua ym an bisa to mas

  17. Mahmud berkata:

    buat ym an bisa dan lancar to mas?

  18. Yogi berkata:

    klo smartfren andromax C sama cross A18 bagusan mana ya ?
    btw, nice posting gan.😀

  19. afi gaul berkata:

    gan ane mau tax lgi’e nich
    1.kalau tidak di root bisa menambahkan RAMnya gk???
    2.kalau di buat video, videonya lag pha gk gan???

    tolong jawabannya cz ane ngefans bngt sma cross a18 & blog anda gan

  20. Andara berkata:

    Gan itu layar nya sekali sentuh/ masih diteken ya?

  21. andri berkata:

    minat nih pengen beli besok, kayaknya bagus..🙂

  22. faiz muhammad berkata:

    gan saya mau nanya cross A18 bisa main temple run sama subway surf gk? terus klo dibandingin sama smartfren andromax bagusan mana?

  23. Ryo berkata:

    Gan OS nya bisa di upgrade gak jadi ics ato jelly bean ???

  24. faiz berkata:

    gan cross A18 bisa main temple run sama subway surf gk?

  25. Pras berkata:

    Thx.gan infonya,,
    Bermanfaat bgt

  26. Dany Razzaq Farino berkata:

    Thanks gan infonya

  27. tarii berkata:

    gan, hp aku kayak gini
    aku buat download di google play
    ada notif kesalahan 403
    itu cara mengatasinya gimana ya???

    • elfathir berkata:

      Menurut beberapa sumber, error ini terjadi karena masalah jaringan internet yang kita gunakan, baik selular maupun Wifi atau akun google.

      – Jika error 404 ini terjadi saat kamu terkoneksi ke jaringan Wifi. Coba matikan wifi , dan ganti ke jaringan selular.

      – Apabila masalahnya pada Akun Google
      Pada pilihan dropdown menu di Google Play, pilih account dan pilih akun yang akan kamu gunakan di Google Play. Kalau tidak berhasil, pada dropdown menu yang sama pilih Setting > Clear search history. Masih tidak berhasil? Dari home pilih Setting > Application > Google Play > clear data dan clear cache. Lalu buka dan login lagi ke Google Play.

      – Apabila ini terjadi ketika kamu menggunakan jaringan selular.
      Periksa apakah proxy diaktifkan, kalau aktif, matikan Settings > Wireless & Networks > MOre > Mobile Networks > Access Point Names (APNs) > jaringan operator > Proxy (nonaktifkan/ hapus)

      – Kalau proxy memang tidak aktif, kemungkinan lainnya adalah masalah setting internet yang kamu pakai dari operator. Pastikan APN-nya menggunakan setting untuk internet broadband bukan setting WAP/GPRS. Kalau pilihan APN itu tidak tersedia, buat APN baru. Caranya, Settings > Wireless & Networks > MOre > Mobile Networks > Access Point Names (APNs) > New APN (dari dropdown menu). Masukkan nama APN, APN, username, dan password koneksi broadband dari operator yang kamu gunakan.

      – Coba Install Google Play Store versi terbaru. Penyebab download gagal di Play Store bisa jadi karena Google Play Store anda sudah expired/lawas.

      – Flash ulang ROM android anda
      Ini mungkin option terakhir. Flash ulang ROM android anda. Bisa saja aplikasi-aplikasi system bawaan Google (selain Play Store) ada yang hilang dari ponsel anda.
      *Bila anda masih ragu dalam hal flashing memflashing coba saja di Factory Reset.

      Semoga bermanfaat.

  28. Ari berkata:

    1.Gan,ane mw nanya sbnrny ram nya 200an apa 500an,swaktu sy liat liat d internet c 500an
    2.klo ram nya abis lalu hp kita kenapa
    3.trus kgunaan rom apa?
    Perbandingan a18 vs samsung galaxy chat ics

    • elfathir berkata:

      sorry gan
      1. RAM cuma 200-an
      2. kinerjanya lelet dan sering ngeHang
      3. ROM adalah memory untuk menyimpan data yang tidak akan hilang datanya, walaupun tegangan catu sudah di matikan.

  29. gan saya mau nanya cara upgread cross a18 gimana , mohon balasannya ya gan secepatnya gan terimaksih…

  30. Rafli berkata:

    Gan klo untuk download game di atas 700 mb bsa ga ?..
    Dan cra me root cross A18 pkai pc ga gan?

  31. iconk berkata:

    gan mo tnya.bgusan mna cross a11 dan cross a18.

  32. N'CUY berkata:

    sory gan ane pengguna hp cross a18….yg mau ane tanyakan adalah….
    1. kalau ane aktifin jaringan 3G gk lama keluar tulisan ( aksek jaringan telah di ubah )
    2. kalau pake jaringan 2G susah bgt buat jaringan kembali on untuk pengunaan BBM
    3. sinyal yg nampak selalu E
    4. gimana cara merubah sinyal E jadi H
    5. gimana cara seting jaringan untuk penggunaan BBM
    sekian Gan yg mau ane tau and tlg jwbannya ……?
    ma’af terlalu banyak nanya…..TRIM’S

  33. RAHMAN berkata:

    saya memakai cross A18 dan ada keluhan:
    aplikasi bbm nya hilang..dan sudah di dwonlod kembali tetapi tidak bisa di gunakan..laporan nya aplikasi bbm di hentikan secara tiba-tiba.
    bagaimana memperbaiki nya kembali tolong info nya terima kasih.!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s