Lagi, 70.000 ton Minyak Diselundupkan ke Malaysia

Penyelundupan BBM

Infografis Kasus Penyelundupan BBM (diolah dari berbagai sumber)

Elfblog – Penyelundupan minyak asal Indonesia seperti putaran roda yang terus berulang dari waktu ke waktu. Pengawasan yang longgar dan harga jual yang tinggi dipasaran negeri jiran, khususnya, Malaysia, menjadi pemicu.

Kasus terbaru, minyak berjenis Marine Fuel Oil (MFO) sebanyak 70.000 ton hendak diselundupkan ke Malaysia. Beruntung aksi ilegal itu keburu ketahuan aparat penegak hukum Malaysia, sebanyak 25 WNI ditahan. Belum diketahui secara pasti pemilik Kapal Tanker tersebut.

Kasus-kasus penyelundupan BBM lewat laut makin kerap terjadi. Setidaknya sejak Tahun 2011, ada empat kasus dengan barang bukti sebanyak 1.45 juta liter, dengan nilai estimasi 7,25 miliar rupiah. Sementara pada 2012, tujuh kasus dengan barang bukti sebanyak 38.6 juta liter, dengan nilai estimasi 224,5 miliar rupiah.

Pada kasus yang terjadi pada 2011, penindakannya oleh kantor wilayah bea dan cukai Kepulauan Riau. Sementara satu penindakan di Kalimantan Bagian Barat.

Sedangkan kasus di 2012, terjadi di wilayah Kalimantan Bagian Timur dan wilayah Kepulauan Riau. Dan semua kapal yang ditangkap sepanjang 2011 – 2012  akan diselundupkan ke Malaysia.

Akibat penyelundupan minyak mentah dan BBM tersebut PT Pertamina (Persero) mengalami kerugian sebesar US$37 juta sepanjang 2010-2012.(Elf)

Tentang elfathir

Saya hanya mencoba berbagi manfaat atas apa yang saya ketahui. Tetaplah Tersenyum, Karena Senyuman Membuat Semua Terasa Indah. *Elfathir Fatikhin*
Pos ini dipublikasikan di Politik & Hukum dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s