Pedrosa Menang, Lorenzo Meradang

Jerez Accident - Crash.net

Jerez Accident – Crash.net

JEREZ, ElfBlog — Pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa, Akhirnya meraih podium pertamanya musim ini. Pembalap berjuluk”The Little Spaniard” merengkuh kemenangan setelah menorehkan waktu tercepat di race yang digelar di Circuito de Jerez, Spanyol, Minggu (5/5/2013). Namun, kisah manis diakhir pekan kemarin sedikit ternoda oleh insiden yang terjadi dipenghujung race antara Jorge Lorenzo dan Marc Marquez.

Menjelang tikungan terakhir yang hanya berjarak beberapa meter dari garis finis itulah insiden kecil terjadi. Jalannya race yang sempat monoton berubah bak penuh drama. Marquez sukses merebut podium kedua setelah memenangi pertarungan sengit kontra pembalap Yamaha, Jorge Lorenzo. Marquez sukses menyalip Lorenzo di tikungan terakhir.
Aksi rookie MotoGP asal Spanyol dalam menyalip kompatriotnya itu nyaris menyebabkan insiden. Pasalnya, motor Marquez sempat bersenggolan dengan motor Lorenzo dan membuat juara dunia dua kali itu melebar dan merelakan posisinya diambil alih.
Aksi sang pembalap debutan pabrikan Honda itu mengingatkan akan gaya sang kampiun Motogp, Valentino Rossi. Marquez, yang membuntuti Lorenzo sejak awal race seakan sengaja mempertontonkan aksi yang cukup menghibur dan mendebarkan jutaan mata yang menonton race Motogp.

Tak ayal insiden ini membuat Lorenzo kecewa dan marah, meski tak mengakui secara langsung. “Saya kira Marquez agak jauh di belakang, jadi saya tidak menutup jalur. Saya ‘memanas’ (marah) setelah kehilangan posisi kedua di tikungan terakhir. Jadi lebih baik tidak usah membahas hal ini lagi,” tegas Lorenzo.

Marquez mengaku mengerti bahwa pembalap Yamaha tersebut marah. Dia juga akan merasakan hal yang sama, andai hal itu menimpanya. “Tentu saya akan marah. Saya lebih muda dari Jorge dan mungkin saya juga akan ‘memanas’, kalau bukan karena dilewati pasti karena kehilangan posisi,” terangnya.

Persitiwa ini sedikit membawa memori kita ke kejadian pada 1996 dan 2005. Bedanya, dua kejadian terdahulu terjadi dalam perebutan nomor satu.

Pada 1996, persaingan ketat terjadi antara dua pembalap Honda, Mick Doohan dan Alex Criville. Di tikungan terakhir, Dohaan melewati Criville. Tidak ada kontak antara kedua motor. Namun, yang dilakukan pebalap Australia tersebut membuat Criville kehilangan kendali atas motornya. Dia terjatuh di depan pendukungnya dan gagal menyelesaikan balapan.

Pada 2005, persaingan terjadi antara Valentino Rossi dan Sete Gibernau. Rossi yang membawa bendera Yamaha melewati Gibernau di tikungan terakhir dan senggolan antarkeduanya tak terhindarkan. Gibernau melebar keluar lintasan, tapi masih bisa menyelesaikan balapan. Dia harus puas finis kedua, di belakang Rossi.

Marquez yang dikenal memiliki gaya membalap agresif sejak di kelas 125cc dan Moto2, telah mempelajari kejadian-kejadian tersebut. “Saya melihat berulang kali video-video yang menunjukkan kalau kita bisa melewati pebalap lain di tikungan terakhir. Saya ingat Valentino dan banyak pebalap lain. Saya hanya mencoba melakukan hal yang sama,” papar pendatang baru di MotoGP tersebut.

Namun, apakah rider Honda ini akan melakukan hal yang sama jika Pedrosa yang ada di depannya, bukan Lorenzo? “Saya rasa tidak, karena saya sudah melihat data yang menunjukkan bahwa Dani sangat kuat di tikungan itu,” tegasnya.

Lalu apa pendapat Pedrosa tentang insiden tersebut? “Ini terjadi di tikungan terakhir dan semua berjuang untuk menjadi nomor dua. Saat kejadian seperti ini terjadi, satu pihak berkata ‘ya, ini sangat memaksa tapi saya menang’, dan pihak lain berkata ‘sial, saya kalah!’. Yang jelas, sisi baiknya adalah tidak ada yang jatuh.”

“Pada 2005 ada Rossi dan Gibernau, pada 1996 ada Doohan dan Criville… Ini tikungan terakhir, ini Jerez, memang seperti ini,” papar Pedrosa. (Kom/Elf)

Tentang elfathir

Saya hanya mencoba berbagi manfaat atas apa yang saya ketahui. Tetaplah Tersenyum, Karena Senyuman Membuat Semua Terasa Indah. *Elfathir Fatikhin*
Pos ini dipublikasikan di OLahraga dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s