Ketika Pak Polisi Salah Tilang

Ilustrasi

Ilustrasi

ElfBlog – Sudah lama juga gak corat-coret disini. Maklumlah, kuli jadinya ya begini…hehehe…kerja mulu.

Sekitar dua malam lalu saya ngobrol dengan tukang tetangga sebelah rumah tentang sebuah kejadian nyata yang lucu di desa asal Pa’de (demikian saya biasa memanggilnya) didaerah sekitar pegunungan Slamet, Jawa Tengah. Ditemani dua cangkir kopi dan rokok, kami terbiasa ngobrol ngalor-ngidul (macem-macem), dari soal kedelai impor sampai praktik politik yang kata Pa’de kotor.

Ceritanya begini, sebutlah Pak Kosim tetangga pak de di desa suatu hari menerima kabar tentang saudaranya yang meninggal. Tempat tinggal saudaranya ini cukup jauh, sehingga tidak mungkin melayat dengan berjalan kaki. Ditengah kebuntuan akal, pak Kosim melihat Ibu Warsito tetangganya sedang mengelap sepeda motor di pekarangan rumahnya.

Sejenak pak Kosim berkata dalam hati “wah, angger bisa nyilih hondane pak warsito mesti bisa nglayat kye” (wah, kalau bisa pinjam motor pak Warsito pasti bisa melayat nih), tapi niat ini diurungkan mengingat kurang akrabnya pak Kosim dan tetangganya itu. Tetapi, dengan tekad ingin melayat yang menggebu akhirnya pak Kosim memberanikan diri untuk meminjam sepeda motor sama bu Warsito.

Pak Kosim: Ass…Sugeng sonten bu? (Ass… Selamat sore bu)

Bu Warsito: Waalaikum salam…sonten, Nggih enten nopo Pak Kosim? (Waalaikum salam…sore, Iya ada apa Pak Kosim)

Pak Kosim: Anu bu…kulo bade ngrepoti, anu…bade nyambut hondane kangge nglayat sedulur kulo (Anu bu…saya mau ngerpotin, anu…mau pinjem motornya buat nngelayat saudara saya )

Bu Warsito: owh…monggo, mboten lah masa ngrepoti, sinten sing ninggal pak? (owh…silahkan, masa repotin ya nggak lah, siapa yang meninggal pak)

Pak Kosim: Anu…putrane pak de kulo teng ….(sengaja disamarkan) (Anu…Anaknya pak de saya di…)

Akhirnya singkat cerita Pak Kosim bergegas memacu sepeda motor pinjaman untuk pergi melayat ke desa tetangga. sesampai di jalan raya lintas selatan Jawa Tengah yang notabenenya jalanan ramai pak Kosim santai saja memacu motornya, tiba-tiba…prittt!!!

Pak Kosim kaget bukan kepalang, disampingnya telah ada seorang petugas kepolisian yang ternyata telah menguntitnya sejak di lampu merah tadi. Pak polisi itu menyuruhnya minggir, pak Kosim pun menurut serta-merta meminggirkan sepeda motornya.

Pak Polisi: Selamat siang pak (kata pak polisi sambil memberi hormat)

Pak Kosim: Siang pak…(dengan nada sedikit gemetar dan wajah pucat)

Pak Polisi: Anda saya tilang! Pak Kosim: Lo salah saya apa pak?

Pak Polisi: Lo koq bapak malah tanya, Bapak itu gak pake helm, mana SIM dan STNK?

Pak Kosim: walah…pak saya lupa(sambil cengengesan),saya buru-buru mau ngelayat, STNKnya juga ketinggalan, maaf pak (sambil garuk-garuk kepala)

Pak Polisi: Lupa apa lupa, mau ngelayat kek, mau pengajian kek, tetep harus pake helm, mana gak bawa STNK lagi, ya sudah bapak saya tilang!

Pak Kosim: waduh …jangan ditilang ya pak, ini motor tetangga saya (dengan wajah memelas)

Pak Polisi: Ndak bisa pak, kesalahan bapak banyak, 1. gak pake helm, 2. gak ada STNK,…(Pak polisi sambil nulis surat tilang)

Pak Kosim: saya mohon pak, jangan ditilang, ntar saya gimana bilangnya sama tetangga saya…tolong pak (kata pak Kosim sambil mengiba..)

Tanpa menghiraukan rengekan pak Kosim, Polisi itu langsung menyelesaikan surat tilang dan memberikan kepada pak Kosim sambil berkata besok ambil di Polsek ya…

Pak Kosim tak mampu berkata apa selain bengong, akhirnya dengan berat hati pak Kosim melangkah pulang.

Sampai dirumahnya pak Kosim langsung menuju rumah Bu warsito, tetangganya sang pemilik motor yang dipinjamnya tadi.

Pak Kosim: Ass…Sonten bu (Ass…Sore Bu)

Bu Warsito: Walaikum salam, ehhh…pak Kosim, Koq cepet layate, Lho motoripun pundi? (waalaikum salam, ehhh…pak Kosim, Koq cepet ngelayatnya, lho motornya mana?)

Pak Kosim: Anu…anu bu, pangapunten kulo, niku wau enten operasi, motore ditilang pak polisi, saniki teng polsek (anu…bu, maafkan saya, tadi dijalan ada operasi, motornya kena tilang, sekarang ada di polsek)

Bu Warsito: owh…ngoten to, nggih mboten nopo-nopo, mangke Bapake sing mundut teng Polsek (owh…begitu ya, udah gak apa-apa, ntar Bapaknya aja yang ambil di Polsek)

Pak Kosim: Nggih, maturnuwun bu…pangapunten mpun ngrepoti (iya, terima kasih bu…maaf udah bikin repot)

Bu Warsito: Nggih sami-sami, mboten nopo-nopo (ya sama-sama, gak apa-apa) Setelah pak Kosim pergi, Bu Warsito melanjutkan aktivitasnya menyiram tanam dipekarangan rumanya.

Selang beberapa saat suaminya, Pak Warsito pulang kerja. Bu Warsito membukakan pintu pagar dan mengambil tas di tangan suaminya, setelah suaminya menuju rumah bu Warsito menutup pagar seraya beranjak kedalam rumah mengikuti sang suami.

Setelah mandi dan ganti baju santai, pak Warsito duduk diruang tengah sembari menikmati teh panas. Sambil menyalakan teve, pak Warsito melihat ada yang aneh diruang tengah rumahnya.

Pak Warsito: Bune, motor dibawa siapa, koq gak ada, apa dibawa les ya?

Bu Warsito yang lagi berada di dapur pun beranjak ke ruang tengah sembari berucap: Owh …iya pak, tadi motornya dipinjem ama tetangga, itu loh pak Kosim, katanya ada saudaranya yang meninggal

Pak Warsito: oh…pak Kosim…

Bu Warsito: Iya, tapi gak jadi, wong katanya baru sampai bangjo (lampu merah=red) depan udah ketilang koq, soale buru-buru gak pake helm ama STNKnya gak kebawa

Pak Warsito mengernyitkan dahi sambil bergumam “jangan-jangan itu motor yang tadi saya tilang”, kemudian berkata: Emang pak Kosim pake baju apa, batik yang berwarna gelap kah?

Bu Warsito: Iya bener, Bapak ketemu dengan pak Kosim, dimana?

Pak Warsito: Waduh, kayaknya bener deh bune, pak Kosim tadi aku yang tilang (sambil garuk-garuk kepalanya yang gak gatal)

Bu Warsito: oalah pak, gimana sih, masa motor sendiri koq ditilang sih, apa ya gak ngenalin …aneh hehehehe…

Pak Warsito: mbuh bune, lupa aku…hehehe…(sambil tersenyum malu… :-) :-)🙂

Makanya pak jangan asal tilang…kwkwkwkwk

@Kampoeng Sawah, Tengah September 2013

Tentang elfathir

Saya hanya mencoba berbagi manfaat atas apa yang saya ketahui. Tetaplah Tersenyum, Karena Senyuman Membuat Semua Terasa Indah. *Elfathir Fatikhin*
Pos ini dipublikasikan di Humaniora dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

