Honda S 90Z, Generasi Pertama Motor Honda di Indonesia

s90z3-1
ElfBlog-Sejarah sepeda motor Honda di Indonesia, ditandai dengan lahirnya S 90Z yang dirilis secara resmi PT Federal Motor pada 1971 lewat fasilitas Complete Knock Down (CKD) alias rakitan. Motor ini cukup diterima publik di Indonesia. terbukti dengan penjualannya yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Di tahun pertama kemunculannya, S 90Z terjual 1.500 unit. Namun angka penjualannya terus merangkak naik hingga menyentuh 30 ribu unit pada tahun-tahun berikutnya.


S 90Z, menarik publik karena dibuat untuk beragam kebutuhan harian. Bodi kuat layaknya motor sport, tapi mudah pengoperasiannya, serta tentu saja konsumsi bahan bakar yang irit khas motor besutan Honda pada jamannya. Uniknya, karena ini adalah motor produksi pertama PT Federal Motor yang merupakan anak perusahaan PT Astra International, maka di beberapa daerah S 90Z lazim disebut pula Honda Astra 90.

Secara fisik dikenali sasis model huruf T dari pelat besi pres. Lalu, tangki model oval, pelek 18 inci depan-belakang dan mesin silinder tunggal horizontal SOHC berkapasitas 89,6 cc. S 90Z, punya transmisi manual 4 percepatan.

Meski baru dirakit secara lokal di 1971, tetapi untuk unit yang diimpor utuh (CBU) dari Jepang era 60-an, masih bisa dilacak keberadaannya di beberapa kolektor.

Untuk generasi S 90Z di bawah tahun 1970 (dari tahun 1964 sampai 1969), bisa dikenali dari beberapa detail. Misalnya, sepatbor yang dicat perak untuk seri awal dan krom untuk generasi setelah 1968. Cat model candy tone mulai diperkenalkan di 1968.

Dibanding S 90Z versi 1970 ke atas, maka S 90Z era 60-an punya tangki lebih kecil, berlapis panel krom dan karet pemanis. Lampu depannya, menyatu dengan rumah spidometer dan lampu belakang model oval.
Honda S90Z
Untuk S 90Z generasi 70-an, punya tangki lebih besar dan membulat dengan panel krom tanpa karet. Beberapa bagian, mengadopsi komponen Honda CB 100. Seperti sok depan, lampu depan, spidometer sampai sein depan-belakang.

Untuk mesin S 90Z, pernah pula dibikin jadi versi bebek dengan sasis C 70 yang diberi nama C 90K1 yang dibikin pada 1972. Meski, kapasitasnya sama 90 cc tetapi memakai transmisi semi otomatis 3 percepatan.

Sempat pula PT Federal Motor membuat model serupa S 90Z. Tetap memakai mesin horisontal, tetapi dengan kepala silinder Over Head Valve (OHV) atau push rod sebagai penggerak klep dengan nama Honda S 110K7. Pacuan ini, populer disebut Honda Benly. Karena perawatan yang lebih ribet dan suara mesin kalah halus dibanding S 90Z, maka Benly kurang peminat.

Di era 80-an, konsep motor pekerja diteruskan oleh seri Honda Win 100 yang pertama dirilis pada 1984. Konsep pacuannya pun sama. Mesin horisontal khas bebek dengan kopling manual, digabung sasis sederhana. Basis mesinnya sama dengan seri C 100, dibikin sampai jelang tahun 2000. (Elf/Dari Berbagai Sumber)

Spesifikasi S 90Z

Engine and transmission
Engine type: 1 cylinders, 4-stroke, Single
Displacement: 89 cc (5.44 cubic inches)
Bore × stroke: 50 mm × 45.6 mm (oversquare – shortstroke)
Cooling system: Air cooled
Power: 8.02 HP (5.9 kW) @ 9500 rpm (cranksh)
Torque: 6.37 Nm (0.65 kg-m) @ 8000 rpm (cranksh)
Throttle: Cable operated
Valves
Valve train: SOHC, non-variable
Fuel and ignition
Sparks per cylinder: 1
Fuel supply system: Carburetor
Compression: 8.2:1
Engine mounting: Transverse
Lubrication system: Wet sump
Gear box: Manual 4-speed
Clutch: Wet, multiple discs, cable operated
Final drive: Chain
Starter: Kick-starter
Dimensions
Physical measures
Length: 1890 mm
Width: 650 mm
Height: 980 mm
Wheel base: 1195 mm
Ground clearance: 145 mm
Weight
Curb weight: 80 kg
Chassis and suspension
Frame type: steel, Backbone frame
Front
Suspension: Cartridge
Brake: Drum
Rear
Suspension: twin shock, Swingarm
Brake: Drum
Other
ABS available: No
Power-to-weight ratio: 0.07 HP/kg (13.56 kg/HP)
Top speed: 100 km/h
Fuel capacity: 7 l
Number of riders: 2 persons

 @Kampoeng Sawah, Awal Pebruari 2014

Tentang elfathir

Saya hanya mencoba berbagi manfaat atas apa yang saya ketahui. Tetaplah Tersenyum, Karena Senyuman Membuat Semua Terasa Indah. *Elfathir Fatikhin*
Pos ini dipublikasikan di Otomotif dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s