Di Negara Ini Harga Supra X125 Rp 31 Juta Gan!!!

Honda Wave 125i - boonsiewhonda.com

Honda Wave 125i – boonsiewhonda.com

ElfBlog-Bila di Indonesia memiliki kendaraan bermotor terutama sepeda motor sangatlah gampang. Bagi sampeyan yang berada di kota besar seperti Jakarta hampir tiap hari disuguhi tawaran serta promosi sepeda motor baru dari berbagai jenis.

Selain itu proses untuk memiliki sepeda motor yang teramat mudah, memicu semakin menggilanya jumlah populasi kendaraan komuter ini. Bayangkan cukup bayar Rp 1 juta rupiah atau bahkan kurang kita sudah bisa memboyong sepeda motor impian ke rumah.

Bandingkan dengan apa dilakukan oleh Pemerintah Singapura untuk membatasi kepemilikan kendaraan bermotor guna mengatasi kemacetan di negara tersebut. Upaya tersebut mengakibatkan Singapura dikenal sebagai lokasi untuk memiliki kendaraan bermotor khususnya mobil pribadi paling mahal di dunia.

Dengan beraneka kebijakan dan pajak yang tinggi, harga sebuah motor di Singapura menjadi dua kali lipat di Indonesia. Misalnya, harga motor bebek sejuta umat, Honda Wave 125i STD aka Honda Supra X125 jari-jari di Indonesia dijual Rp. 15,1 juta, Namun di Singapura motor ini dijual dengan harga Sin$ 3,400 atau setara dengan Rp. 31.6 juta dengan kurs yang berlaku saat ini Rp 9.247 per Sin$, gile kan gan!

Simak saja contohnya di SG BikeMart, sebuah situs jual-beli motor di Singapura. Sedang untuk Honda ANF125 SupraX alias Honda Supra Helm In dijual dengan Sin$ 3,500 atau setara Rp. 32.3 juta.

Demikian halnya dengan sedan Toyota Corolla Altis 1.800 cc, di Singapura rata-rata dijual sebesar Sin$ 160 ribu atau sekitar Rp 1,5 miliar. Itu juga jauh lebih mahal dibandingkan di pasar Indonesia yang dijual Rp 355 juta. Di Malaysia, harga mobil ini juga dilepas di kisaran Rp 380 jutaan.

Pemerintah Singapura berdalih harus membatasi kepemilikan kendaraan bermotor karena luas wilayah negara ini terbatas, yakni hanya 710 kilometer persegi, lebih kecil dari luas Jakarta yang mencapai 740 kilometer persegi. Dari keseluruhan wilayah darat, hanya 12 persen yang digunakan untuk jalur transportasi. Upaya ini dilakukan juga untuk mengatasi kemacetan agar tidak seperti terjadi di kota-kota besar di Asia Tenggara lainnya, seperti Jakarta dan Bangkok, Thailand.

Terus apa yang menyebabkan harga motor di Singapura sangat mahal?
Tunggu aja ya gan ntar ane sambung…hehehe

@Kampoeng Sawah akhir Pebruari 2014

Tentang elfathir

Saya hanya mencoba berbagi manfaat atas apa yang saya ketahui. Tetaplah Tersenyum, Karena Senyuman Membuat Semua Terasa Indah. *Elfathir Fatikhin*
Pos ini dipublikasikan di Otomotif dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s